Jumat, 24 Agustus 2012

Kader KOPMA STIAMI dalam International Conference on Cooperative di India 2012

“dear co-operator, he is the youngest delegate from Indonesia !! 
 
Begitu kata-kata MC yang diiringi dengan applaus dari seluruh peserta ketika menyambut Harwanto Herlambang naik ke podium memperkenalkan diri dan memberikan gambaran singkat tentang gerakan koperasi pemuda di Indonesia.

Pagi itu, Kamis, 9 Februari 2012 dengan cuaca kota Bhopal yang begitu dingin di Gedung Parlemen kota Bhopal, India (New Vidham Complex) sekitar empat ratus orang dari berbagai negara memenuhi gedung parlemen tersebut. Salah satunya adalah Harwanto Herlambang kader KOPMA STIAMI yang mewakili delegasi Indonesia dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang diawali dengan expo coop di pelataran gedung parlemen Bhopal diikuti sekitar 32 negara di kawasan Asia Pasifik, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia ini diselenggarakan oleh Sahakar Bharati yang merupakan salah satu NGO di India bekerjasama dengan pemerintah daerah Madya Pradesh, India dalam menyemarakan tahun 2012 sebagai tahun koperasi dunia.

Ketika dikonfirmasi via jejaring sosial, Harwanto Herlambang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat meriah dan memberikan makna tersendiri bagi pergerakan koperasi dunia. Minimal memberikan stimulus semangat kepada co-operator (sebutan bagi pegiat koperasi) seluruh dunia untuk memberikan yang terbaik bagi gerakan koperasi.

Kegiatan yang terdiri dari beberapa sesi ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya yang melibatkan KOPMA STIAMI ikut berpartisipasi. Di kesempatan itu pula delegasi Indonesia, Harwanto Herlambang menyempatkan   diri memberikan presentasi terkait gerakan koperasi pemuda khusunya mahasiswa di Indonesia. Dia mengatakan terdapat beberapa perbedaan mengenai konsep asosiasi gerakan koperasi Indonesia dengan negara lain.

Harwanto Herlambang mengaku sempat grogi ketika memberikan paparan kepada forum dalam kegiatan tersebut. Selain hanya satu orang delegasi dari Indonesia, Harwanto Herlambang merupakan delegasi termuda yang notabene masih mahasiswa dalam forum tersebut.

“Semuanya bapak-bapak yang minimal sudah mengantongi gelar doctor“, begitu paparnya. Dia mengaku sangat apresiatif dengan berperan aktifnya peserta lokal yang notabene adalah ibu-ibu yang stay and ready dari acara dimulai sampai acara selesai.

Namun ditengah kondisi seperti itu, dia mengaku tidak mengalami kesulitan dalam hal bersosialisasi dengan delegasi dari negara lain. Ketika ditanya mengenai teman atau delegasi yang paling care adalah Philippine dan Mourities. Dan ketika ditanya mengenai kapan kembali ke Jakarta, dia menjawab “tanggal 16 Febuari 2012 !!”
Salam koperasi !!

Tidak ada komentar: