Rabu, 19 September 2012

DIKMEN KOPMA STIAMI 2012

Untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Koperasi “Kopma STIAMI” perlu adanya suatu sistem pendidikan yang dapat meningkatkan softskill anggota. Di dalam Koperasi “Kopma STIAMI” terdapat 3 alur kaderisasi yang dijadikan sebagai media pendidikan dan pelatihan anggota. Diantaranya yaitu :
1. Pendidikan Anggota 
Pendidikan dasar merupakan pendidikan pertama yang diberikan kepada anggota baru yang bertujuan untuk memperkenalkan koperasi “Kopma STIAMI” secara umum. Selain itu juga bertujuan untuk membentuk jiwa kewirakoperasian kepada anggota-anggota baru. Diksar juga dijadikan sebagai media pengakraban anggota-   anggota baru.
2. Pendidikan Keorganisasian
Pendidikan keorganisaasian merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mencetak kader koperasi yang dapat menjalankan organisasi dengan baik. Materi yang disampaikan di dalam pendidikan keorganisasian ini adalah sebagai berikut :
a. Manajemen Organisasi
b. Komunikasi OrganisasI
c. Leadership 
d. Manajemen Konflik
Dalam materi-materi tersebut tidak hanya fokus pada materi terkait pengelolaan organisasi namun juga diberikan pemahaman mengenai aplikasi bisnis didalam setiap materi sehingga anggota tidak hanya handal dalam mengelola suatu organisasi namun juga memiliki jiwa kewirakoperasian maupun enterpreneurship yang merupakan ciri khas dari kader koperasi “Kopma STIAMI”.
3. Pendidikan Managemen (DIKMEN)
Pendidikan manajemen merupakan suatu pendidikan yang bertujuan untuk persiapan kader-kader koperasi dan sekaligus sebagai pembekalan anggota potensial untuk calon kepengurusan. Didalam pendidikan manajemen harus dibungkus semenarik mungkin untuk dapat memotivasi anggota supaya tertarik dan termotivasi untuk menjadi staf-pengurus sebagai bentuk kaderisasi yang ada di dalam koperasi “kopma STIAMI”.

Tidak ada komentar: